Scoliosis Awareness Month di RS EMC Pulomas

Dalam rangka memperingati Scoliosis Awareness Month atau Bulan Kepedulian Skoliosis, pada Minggu (26/5/2024) Touring Bela Negara (TBN) Series bekerjasama dengan RS EMC Pulomas menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaan tensi, gula darah sewaktu, dan asam urat.

Acara yang diadakan di auditorium dr. Wartomo, RS EMC Pulomas lantai 7 ini, dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari perwakilan club/komunitas otomotif roda empat disekitar Jabodetabek.

Pada event kali ini, TBN Series dan RS EMC Pulomas juga menggelar bincang sehat dengan narasumber dr. Richard Afandi, Sp.OT (Spesialis Ortopedi dan Traumatologi RS EMC Pulomas) yang membawakan topik mengenai “Apa Itu Skoliosis?"

Tampak hadir dalam acara Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia ke-11 yang juga merupakan Pembina TBN Series, KRMT Roy Suryo, Ketua Presidium TBN Series, Donny Pur, Ketua Panitia Nasional TBN Series, Irwantoko Selo Pranoto yang akrab disapa "Adoy", dan beberapa Ketua Umum club/komunitas otomotif roda empat.

Seperti diketahui sebelumnya, bahwa TBN Series merupakan wadah berkumpulnya para generasi muda, perwakilan 151 club / komunitas roda empat se Jabodetabek, sebagai salah satu contoh Bhinneka Tunggal Ika versi otomotif, yang selalu rutin dan masif serta konsisten menyelenggarakan event-event berbau pembumian Pancasila dan bela negara, seperti mengunjungi museum, bangunan bersejarah, hingga edukasi-edukasi seperti event kali ini.

Scoliosis merupakan kelainan yang ditandai dengan bentuk tulang belakang yang melengkung menyerupai bentuk huruf “S” atau “C”.

Dokter Spesialis ortopedi dan traumatologi, dr. Richard Afandi, Sp.OT memaparkan, “Dampak scoliosis antara lain dapat menimbulkan rasa pegal atau nyeri punggung setelah beraktivitas, gangguan pernapasan pada kondisi scoliosis berat, dan penampilan yang kurang baik."

Pada kegiatan ini selain memperoleh edukasi tentang Scoliosis, peserta juga mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis, makan siang bersama, dan mendapatkan goodie bag dari pihak RS EMC Pulomas.

"Saya berharap, acara edukasi seperti ini akan terus digelar berdampingan dengan kopi darat dan touring." ungkap Roy Suryo, sebagai Pembina TBN Series.

"Dengan edukasi hari ini dan deteksi dini, diharapkan bisa mencegah keadaan tulang belakang menjadi lebih buruk, dan dapat ditangani lebih awal", ucap Ketua Presidium TBN series, Donny Pur.

Humas Nasional, Jeremy Timothy, didampingi oleh Wakil Ketua Panitia, Imam Sayuti Ogiansyah mengungkapkan rasa terima kasih kepada para pihak yang telah mensupport acara ini.

"Terima kasih kepada RS EMC Pulomas, para sponsor, juga para peserta yang telah berpartisipasi dalam event kali ini. Nantikan keseruan acara-acara Touring Bela Negara Series berikutnya."